Kamis, 23 Februari 2017

Bunga Sepatu

[caption id="" align="alignright" width="394"]bunga sepatu souvenir bunga sepatu souvenir[/caption] Bunga sepatu merupakan sebuah jenis bunga yang cukup populer di kalangan masyarakat. Bunga yang bentuknya sama sekali tidak mirip dengan sepatu ini memang banyak ditanam orang untuk memperindah pekarangan rumah maupun untuk digunakan dalam keperluan tertentu. Bunga ini memang memiliki banyak manfaat jika digunakan dengan baik disamping keindahan warna dan bentuk bunga yang akan memberikan kesan yang baik bagi pekarangan anda. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari bunga sepatu ini adalah sebagai berikut ini.
  1. Bunga sepatu paling sering digunakan oleh masyarakat sebagai salah satu alternatif untuk mengobati deman pada anak. Biasanya orang-orang akan mengoleskan lumatan daun dari pohon bunga ini keseluruh tubuh anak yang sedang menderita demam. Ada pula orang yang menggunakan daun bunga sepatu untuk meredakan deman dengan menempelkan daun-daun bunga ini keseluruh tubuh anak. Dengan hal tersebut diharapkan temperatur tubuh anak akan segera turun dan dema segera sembuh.
  2. Banyak pula yang menggunakan daun dan kembang bunga sepatu untuk dijadikan obat pereda batuk bagi yang sedang menderita batuk menahun. Biasanya, daun dan kelopak bunga akan dilumat dan diperas dengan air hangat. Air sisa seduhan dari daun dan kelopak bunga tersebut akan diminumkan kepada orang yang sedang menderika batuk. Zat penyembuh pada bunga sepatu tersebut akan membuat tenggorokan menjadi lebih lega dan bisa menyembuhkan batuk jika dilakukan secara rutin.
  3. Lain halnya dengan kuntum bunga sepatu atau kelopak bunga yang belum mekar. Kelopak seperti ini akan sangat bermanfaat bagi anak yang sering mengalami mimisan atau hidung berdarah. Anak yang menderita seperti ini akan mendapatka manfaat kebaikan bunga ini jika diberikan seduhan air dari kelopak bunga yang telah dilumat halus. Air seduhan tersebut sebaiknya diminumkan setiap hari hingga keluhan akan mimisan telah hilang dan hidung anak sudah tidak mengeluarkan darah lagi. Jika anak menolak untuk meminumnya, campurkan air seduhan tersebut dengan gula atau madu secukupnya.
  4. Air seduhan kelopak bunga sepatu juga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan sariawan yang terjadi pada anak an orang dewasa. Air seduhan tersebut cukup dikumur setiap pagi dan sore hari untuk memberikan kesembuhan kepada sariawan yang sedang diderita. Jika ingin mencegah sariawan kembali lagi, ada baiknya untuk meminum air seduhan yang telah didinginkan terlebih dahulu sehingga sariawan tidak kembali lagi.
  5. Berbagai penyakit kulit juga bisa disembuhkan dengan khasiat bunga sepatu ini. Jika anda memiliki penyakit kulit, anda bisa dengan mudah menyembuhkannnya dengan mengoleskan daerah yang terkena penyakit dengan lumatan daun bunga sepatu ini. Lakukan setiap hari hingga gejala penyakit anda benar-benar hilang.

1 komentar: